Ramadhan tahun ini begitu special bagi saya, untuk menghadapi bulan puasa kali ini (1437 H) saya sudah mempersiapkannya 2 bulan sebelum kedatangannya padahal untuk menghadapinya disarankan 6 bulan sebelumnya sudah harus mempersiapkan baik fisik maupun mental, tapi tidak mengapa lah yang penting sudah disiapkan walaupun dengan sangat minim.

Pada saat bulan penuh hikmah itu datang, rasanya senang sekali karena sudah berusaha untuk mempersiapkannya walaupun hanya sedikit saja, hari-hari pertama Ramadhan 1437 H seperti hari – hari biasa tidak ada rasa lapar dan haus mungkin apakah ini karena sudah dipersiapkannya sebelumnya, Tarawih pertama dilakukan di Masjid Jami Bintaro dan hari pertama puasa begitu sepi jalanan di Jakarta seolah – olah sudah mendekati hari Lebaran. Puasa tahun 1437 H begitu sejuk dikarenakan hujan banyak sekali turun walaupun sering pula siang harinya cuaca begitu terik namun secara keseluruhan cuaca sangat mendukung tidak seperti puasa 1436 H yang begitu panasnya dari sebelum puasa hingga beberapa bulan setelah lebaran sampai beberapa tempat mengalami kekeringan sampai – sampai cuaca di puncak tidak ubahnya seperti cuaca di Jakarta.

Pertengahan Ramadhan baru mulai muncul sedikit masalah dan sedikit konflik, syukur Alhamdulillah semuanya bisa diatasi, pekerjaan rasanya begitu ringan, teman – teman yang saling mendukung, dan suasana yang nyaman membuat segala masalah dan konflik bisa terpecahkan. Ide – ide segar dan rencana – rencana baru mulai muncul dipertengahan bulan itu, mungkin Tuhan Yang Maha Esa memberikan petunjuk dan hidayahnya sehingga rasa semangat itu muncul lagi didalam Qolbu ini.

Ramadhan 1437 H begitu berharga bagi diriku ini, banyak pengalaman spiritual yang singgah dalam pikiran dan menyentuh relung hati paling dalam, berkah Ramadhan tahun 1437 H banyak sekali intropeksi diri sendiri, dan solusinya. Ramadhan ini pula saya merasa lebih baik dari Ramadhan sebelumnya, saat ini usia saya 35 tahun tapi kok rasanya ini adalah Ramadhan terbaikku selama ini, puasa tidak batal, tarawih hampir penuh, tilawah bisa hatam, dan sedekah lebih banyak serta berdzikir lebih sering. Kejadian – kejadian yang menghampiri seakan tidak bisa dipercaya mulai dari pekerjaan sampai masalah rumah tangga dan semuanya positif.

Diakhir Ramadhan ini saya banyak melakukan perjalanan ke Masjid – masjid besar dan indah di Jakarta dan sekitarnya, banyak sekali hikmahnya yang dapat di petik dari perjalanan tersebut, banyak menemui hal – hal yang baru. Untuk melakukan perjalan ini biasanya kami setelah Dzuhur sudah mulai bersiap – siap dan pukul 14:00 – 14:30 pasti sudah pergi dari rumah, Ya Alloh pertemukan kami dengan Ramadhan tahun depan 1438 H Insya Alloh agar kami bisa beribadah lebih baik lagi. akhir kalam saya hanya bisa mengucap Alhamdulillah dan selamat Iedul Fitri 1437 H Mohon Maaf Lahir Bathin.