Kalender Hijriyah atau kalender Islam adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah.

 

1. MUHARRAM
lama hari 30,
artinya bulan yang diharamkan.
Pada bulan ini larangan perang terhadap kaum Kafir Quraisy dicabut. Bagi kaum Syiah, Muharam merupakan bulan ratapan atas kematian Husein bin Ali (w. 10 Muharam 61)

 

2. SAFAR
lama hari 29,
artinya kosong atau kuning.
Safar adalah bulan ke-2. Pada masa lalu, para pria Arab pergi ke luar rumah mereka untuk merantau, berperang, berniaga dan berpetualang setiap bulan Safar tiba. Sehingga pemukiman dan rumah-rumah pun menjadi kosong.

 

3. RABIULAWAL
lama hari 30,
berasal dari kata rabi’ (menetap) dan awal (pertama). Maksudnya masa
kembalinya kaum laki-laki yang telah meninqgalkan rumah atau merantau. Pada bulan ini banyak peristiwa bersejarah bagi umat Islam, antara lain: pada Bulan ini Nabi Muhammad SAW lahir (tepatnya tanggal 12 Rabiulawal, disebut juga Maulid Nabi), diangkat menjadi Rasul, melakukan hijrah, dan wafat pada bulan ini juga.

Spoiler for 4. RABIULAKHIR:

4. RABIULAKHIR
lama hari 29,
Bulan ke-4 dinamai Rabiulakhir (Ar.: Rabi’ al-Akhir), yang berarti "menetap terakhir", karena masa menetapnya kaum laki-laki untuk terakhir atau penghabisan.

 

5. JUMADIL AWAL
lama hari 30,
nama bulan kelima. Berasal dari kata jumadi (kering) dan awal
(pertama). Penamaan Jumadil Awal yaitu, karena bulan mi merupakan awal musim kemarau, di mana mulai terjadi kekeringan.

 

6. JUMADIL AKHIR
lama hari 29,
artinya, musim kemarau akhir / kemarau terakhir.

 

7. RAJAB
lama hari 30,
artinya mulia.
Penamaan Rajab, karena bangsa Arab tempo dulu sangat memuliakan bulan ini, dan menurut sejrahnya, bulan Rajab dimuliakan orang Arab dengan menyembelih anak unta pertama dari induknya, selain itu pada bulan ini pintu Ka’bah di buka dan di larang berperang.

 

8. SYAKBAN
lama hari 29,
adalah bulan ke-8 dalam bulan Kamariah yang berarti "berserak-serak". Menurut sejarahnya, orang Arab bertebaran pergi ke lembah dan oase untuk mencari air.

 

9. RAMADHAN
lama hari 30,
bulan ke-9 artinya terik / panas, karena pada bulan ini cuaca sangat terik dan panas di Semenanjung Arabia. Pada masa Islam, bulan Ramadan merupakan bulan ibadah puasa dan pada bulan ini juga "Bulan Ramadhan" merupakan satu-satunya bulan yang tersebut dalam ayat suci Al-Quran, Satu bulan yang memiliki keutamaan, kesucian, dan aneka keistimewaan. Hal itu dikarenakan peristiwa-penistiwa peting seperti: Allah menurunkan ayat-ayat Al-Quran pertama kali, ada malam Lailatul Qadar, yakni malam yang sangat tinggi nilainya, karena para malaikat turun untuk memberkati orang-orang beriman yang sedang beribadah, bulan ini ditetapkan sebagai waktu ibadah puasa wajib, pada bulan ini kaum muslimin dapat rnenaklukan kaum musyrik dalarn perang Badar Kubra dan pada bulan ini juga Nabi Muhammad SAW berhasil
mengambil alih kota Mekah dan mengakhiri penyembahan berhala yang
dilakukan oleh kaum musyrik.

 

10. SYAWAL
lama hari 29,
bulan Syawal berarti kebahagiaan "peningkatan kebajikan setelah melewati masa latihan pengendalian diri selama sebulan penuh dengan puasa Ramadan". Maksudnya kembalinya manusia ke dalam fitrah (kesucian) karena usai melawan hawa nafsu dan menunaikan ibadah puasa serta membayar zakat dan saling bermaaf-maafan.

 

11. DZULKAIDAH
lama hari 30,
Dzulkaidah (Zu al-Qa’dah) berasal dari kata dzul (pemilik) dan qa’dah (duduk), karena bulan itu merupakan waktu istirahat bagi kaum laki-laki Arab dahulu. Mereka menikmati nya dengan duduk-duduk santai di rumah.

 

12. DZULHIJJAH
lama hari 29 / (30)
Dzulhijah (Ar.: Zu al-Hijjah) yang berarti menunaikan Haji. Dahulu pada bulan ini kebiasaan untuk melakukan ibadah haji ke Mekah (Ka’bah). Dalam agama Islam, ibadah haji masih tetap dilaksanakan pada bulan Dzulhijah