clip_image001
IBM Punch Card
Inilah media penyimpanan data pertama di dunia, Pada 1881, Herman Hollerith, Pendiri IBM merancang suatu mesin kertas untuk membantu sensus, sebelumnya Biro Sensus Amerika membutuhkan delapan tahun untuk menyelesaikan sensus, tapi berkat penemuan Hollerith, waktu itu berkurang menjadi hanya satu tahun, dan pada 1937, IBM memproduksi hingga 10 juta kartu punch setiap hari. media penyimpanan berbasis kertas tetap menonjol sampai tahun 1970 sebelum ditemukan pita magnetik.


clip_image002

paper Tape
Mirip dengan kartu punch, pita kertas berisi pola-pola lubang untuk mewakili data yang direkam. Tapi tidak seperti punch card, gulungan pita kertas bisa merekam data dalam satu aliran secara kontinyu. Pada tahun 1966, HP memperkenalkan Tape Punch 2753A, yang memiliki kecepatan rekam 120 karakter per detik dan dijual seharga $4.150. Astaga!

clip_image003
Pita Magnetik
pita magnetik terkenal pada 1950-an, pita magnetik mengubah lanskap komputasi dengan membuat penyimpanan jangka panjang dengan jumlah data yang lebih banyak dari Paper Tape. Pita Magnetik adalah sebuah kumparan tunggal dari oksida dilapisi pita setengah inci dapat menyimpan informasi sebanyak 10.000 punch card, panjang pita magnetik berkisar antara 2.400-4.800 kaki.

clip_image004
Cassete Tape
Jauh sebelum MP3 player dan CD ditemukam, penggemar musik mendengarkan lagu favorit mereka pada kaset. Adalah Philips yang memperkenalkan kaset di Eropa pada 1963 dan kemudian ke Amerika Serikat setahun kemudian Awalnya kaset digunakan untuk merekam pembicaraan yang praktis hingga bias di bawa kemana-mana, Sebuah kaset 90 menit standar dapat menyimpan sekitar 700KB data per sisi

clip_image005
8" Floppy Disk
Inilah disket pertama yang dibuat manusia, sebuah media penyimpanan data yang kelak akan menjadi sangat populer baik dikalangan pelajar maupun pekerja. Disket 8" ini pertama kali dibuat pada 1971, saat itu disket hanyalah lingkaran pita kecil yang dilindungi plastik, maka disket generasi pertama ini amatlah ringkih.
Perkiraan Tahun Penggunaan: 1971-1976
Kapasitas Maksimum: sekitar 1,2 mb

clip_image006
5,25" Floppy Disk
Pada tahun 1976, perusahaan komputer Wang Laboratories mendorong pengembangan disket yang lebih kecil, mereka mengatakan bahwa disket 8-inci yang berlaku saat itu terlalu besar untuk PC di rumah. Shugart Associates menyanggupi dengan ukuran menyusut hingga 5,25 inci sehingga lebih mudah dipakai. Ukuran baru terbukti menjadi hit, dan pada 1978, sekitar selusin produsen telah mulai mengembangkan 1.2MB floppy drive 5,25 inci. Pada puncaknya, Shugart Associates memproduksi 4.000 disket per hari.
Perkiraan Tahun Penggunaan: 1976-1982
Kapasitas Maksimum: 1,2 mb


clip_image007

3,5 Floppy Disk
Ukuran hanya salah satu masalah yang mengganggu perkembangan disket, selain itu, masalah lainnya adalah: Disket yang berkembang saat itu sangat gampang rusak, karena pelindung pita hanyalah lapisan tipis yang terbuat dari plastik. Beberapa format yang lebih kecil dikembangkan, tapi floppy Sony 3,5 inci yang memenangkan persetujuan dari Komite Industri Microfloppy pada tahun 1982. Sebuah pelindung plastik keras menggantikan pelindung yang lama berarti Anda bisa melempar disk melintasi ruangan ke rekan kerja, dan dilindungi penutup geser logam media magnetik. Ajaibnya, bentuk 3,5 inci ini bertahan selama hampir tiga dekade

clip_image008
Compact Disc
iilah generasi CD yang pertama gan… waktu itu disc ini hanya bisa diputar dengan kecepatan rendah, amun para praktisi komputer melihat penemuan CD ini memiliki masa depan cerah, dan itu terbukti sampai sekarang CD masih mendominasi media penyimpanan data, bahkan CD di klaim mampu menyimpan data sampai 150 tahun! hebat ya gan?
Perkiraan tahun penggunaan: 1980-sekarang

clip_image009
Magneto-Optical Drive (MOD)
Sesuai namanya, disc ini merupakan gabungan antara magnet dan optik. Disc jenis ini sangat jarang di temui, konon disc ini mampu menyimpan data sampai 2,6 GB namun pembuatan disc yang tidak praktis membuat disc ini bahkan tidak populer di Amerika Serikat. Jika agan memiliki disc jenis ini, berbanggalah karena agan termasuk satu dari sedikit orang yang pernah punya Magneto-optical disc clip_image010

clip_image011
Mini Disc
Agan mungkin kenal dengan Disc yang satu ini, sebenarnya Mini disc adalah pengembangan dari MOD, namun sayangnya, entah kenapa mini disc tidak mendapat sambutan yang cukup baik dari para pengguna PC, padahal pada 1993 Mini disc telah mencapai 1GB sebagai ruang data nya. TS sih suka pake mini disc gan.. tapi sayangnya mahal


clip_image013

Colorado Backup
ini juga jarang atau malah mungkin tidak beredar disini, Colorado backup digunakan oleh perusahaan perusahaan di Amerika untuk menyimpan data, Colorado backup mulai diproduksi awal ’90-an sampai akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 2001. Colorado Backup ini dapat menampung data hingga 14GB, tentu saja cukup besar pada masa itu

clip_image014
Compact Flash
Banyak kamera berteknologi tinggi DSLR saat ini masih mengandalkan CompactFlash (CF), sebuah perangkat penyimpanan massal portabel. Sandisk memperkenalkannya ke pasar 15 tahun lalu. CF generasi pertamalebih tipis dibanding generasi kedua, dan awal CF media mengandalkan memori flash NOR Intel. Format ini telah melakukan lompatan ke chip flash NAND dengan kepadatan lebih tinggi, sehingga kapasitas yang lebih tinggi, biaya lebih rendah, dan lebih baik kinerjanya. kini, CF kapasitas maksimal CF mencapai 64GB.

clip_image015
Zip Drive
pada pertengahan ’90-an floppy 3,5 inci mulai dirasakan kekurangannya karena sebagai media penyimpanan, kapasitasnya begitu kecil, untuk itu lomega memperkenalkan Zip Drive sebagai jalan keluar, Zip Drive mampu menampung data hinga 750MB, namun sayangnya di waktu yang bersamaan muncul pula teknologi-teknologi lain yang lebih menarik minat masyarakat sehingga Zip Drive tidak lama merasakan kejayaan seperti floppy 3,5". Namun begitu, lomega sempat mengeluarkan beberapa varian dari Zip Drive seperti vanilla ice, zip-zip, bab

clip_image016
Jaz Drive
Tidak seperti Zip drive, drive Iomega Jaz, yang pertama kali muncul pada tahun 1995, memiliki lebih banyak kesamaan dengan hard disk drive. awalnya Jaz drive menawarkan 1GB penyimpanan, lalu kemudian berkembang hingga 2GB, Jaz drive mwnggunakan material keras, piring magnetik film non-fleksibel yang berputar hampir 5400RPM.Tapi kecenderungan untuk gagal sangat besar, rasio biaya per-gigabyte tinggi, kebutuhan untuk menjaga drive agar tetap datar, dan antarmuka SCSI tidak meninggalkan kesan yang baik bagi penguna.

clip_image017
DVD
DVD muncul pada tahun 1995 sebagai pengganti compact disk, DVD adalah sebuah lompatan yang besar dalam sejarah penyimpanan data, transisi dari CD ke DVD juga berlangsung sangat cepat, bahkan lebih cepat dari floppy ke CD, walaupun pada awalnya pemutar DVD dirasakan sangat lamban, tapi teknologi dual-layer yang membuat kualitas rekaman jauh lebih bagus menjadikan DVD dengan sangat mudah diterima. Dengan kapasitas maksimal 8GB DVD menjadi favorit bagi para pembuat game, film, dan perusahaan rekaman musik.

clip_image018
MicroDrive
IBM tidak akan membiarkan CF memonopoli pasar media portabel. Maka pada 1999 mereka meluncurkan Microdrive, sebuah media card yang kompatibel dengan CF 2, IBM telah mengupayakan agar media card ini bisa memiliki kapasitas hingga 340MB, tapi sayangnya di saat yang sama CF telah memiliki media card berkapasitas lebih dari 2GB.

clip_image019
SD (Secure Digital) card
hadir di awal 200 sebagai pesaing Memory Stick milik Sony. Memiliki ketebalan yang dua kali lebih tebal dari MMC, SD card menawarkan kecepatan transfer data dan kemanan yang lebih dibanding MMC. Awal kartu SD dibatasi hanya 32MB dan kapasitas 64MB, kini kartu SDHC telah beredar dengan kapasitas 32GB dan rencananya SDXC akan berkapasitas sampai dengan 2TB

clip_image020
Flash Disk
adalah babak baru dalam dunia penyimpanan data, flash disk menjanjikan kecepatan transfer data, dan kemudahan untuk digunakan, flashdisk pertama kali muncul pada tahun 2000. falsh disk menjadi unggulan karena kompatibel di hampir semua operating system.

clip_image021
HD DVD
adalah bentuk pengembangan dari DVD biasa, HD DVD merupakan salah satu yang tercanggih saat ini, untuk single layer nya saja, HD DVD bisa menampung hingga 15GB, sehingga total kapasitas dual-layer HD DVD bisa mencapai 30GB, bandingkan dengan 8GB milik DVD biasa. HD DVD pertama kali di perkenalkan oleh Toshiba, namun HD DVD sayangnya HD DVD sudah tidak diproduksi lagi, mungkin karena kehadiran Blu-ray.

clip_image022
Blu-ray
Adalah pemenang dalam perang format high-definition, proyek blu-ray dimulai pada tahun 2002 dan selesai pada 2006. Seperti HD DVD, Blu-ray juga memanfaatkan laser biru-violet lebih pendek panjang gelombang dibandingkan dengan DVD standar. Sony, perusahan pengembang teknologi ini mengklaim bahwa Blu-ray akan mampu menggeser HD DVD dalam persaingan cakram high-definition, Konsol Play Station 3 sudah menggunakan cakram jenis ini