Salah satu hadist nabi tentang Muadzin dia adalah Mu’taman, orang yang mendapatkan amanah untuk menginformasikan banyak hal kepada muslim, diantaranya kalo dia adzan dia bukan hanya menginformasikan bukan hanya sholat tapi menginformasikan kapan buka puasa dan menginformasikan telah habis waktu malam sehingga kalian yang akan berpuasa tidak boleh lagi makan. Sangat berbahaya seorang muadzin kemudian adzan namun waktu magrib belum tiba, berapa banyak kesalahan yang terjadi.

suatu hari di subuh hari Rosul ke masjid, tapi di masjid masih sangat sedikit para sahabat kemudian Bilal adzan namun masih tetap banyak sahabat tidak datang, Rosul bertanya kemana para sahabat, Bilal berkata semua kedinginan, kemudian Rasul berdoa, yaitu “Ya Alloh hilangkan dari mereka rasa dingin”, kemudian barulah datang orang – orang dari rumah mereka. dari ini ada pelajaran bahwa Bilal apapun keadaannya walaupun suhu sangat dingin dan orang tidak ada yang keluar bahkan sudah di adzanin oleh Bilal tidak juga keluar, tapi ini suatu pekerjaan aktifitas mulia ini adalah amanah besar apapun keadaannya Bilal keluar untuk adzan, maka dari itu ini masalah dedikasi kerja muslim diajarkan.

Rosul menyebutnya Muadzin orang yang paling panjang lehernya di hari kiamat, para ulama menyatakan ini adalah pujian dari Rosul, mengapa diibaratkan lehernya sangat panjang karena saat orang tengelam dalam keringat dan darahnya saat matahari tidak jauh dari kepalanya itu saat padang Masyhar, maka saat itu adalah lehernya sangat panjang itulah yang disebut sebagai kemuliaan dari Rosul