Kebebasan dalam sudut pandang teknologi memiliki konsep yang sama dengan kebebasan individual, meskipun berbeda dalam penerapannya. Kebebasan bagi seorang teknolog, engineer atau praktisi adalah kebebasan dalam memilih dan menggunakan teknologi, metodologi, dan approach bukanlah agama yang perlu difanatikkan. Dia bukanlah sesuatu yang kekal di dunia ini. Mereka itu ciptaan manusia yang bisa diganti, dan bisa diperbaiki ketika mungkin sudah tidak efektif dan efisien dalam menyelesaikan masalah.

Pada saat saya kuliah saya mengenal bahasa program pascal yang katanya dosen saya sangat mudah digunakan, dan ketika muncul vb menurut saya itu lebih mudah digunakan, dan ketika dunia menjadi satu dalam suatu komunitas yang bernama internet maka programming berbasis web wajib saya kuasai, jadi bagaimana jika muncul lagi teknologi yang lebih baru misalnya gadget dan nanotechnology, haruskah saya terus belajar bagaimana cara menggunakan teknologi itu dan sampai kapan ?. Kemudian antara pascal kemudian vb ,dan web semuanya itu berbeda vendornya, jika berbeda vendor maka akan pula beda cara berpikir dan menggunakannya.

Dalam database orang – orang saling mengklaim dunia hanya milik SQL Server, Oracle dan MySQL hingga muncul komunitas yang masing – masing menganggap database yang mereka gunakan adalah yang terbaik, misalnya komunitas SQL Server yang mereka gunakan adalah yang paling user friendly. Komunitas Oracle mengklaim mereka adalah database yang paling banyak digunakan oleh enterprise besar. Komunitas MySQL mengklaim mereka adalah database paling banyak digunakan di internet dan free. bagaimana dengan anda ? terlepas dari apapun kelebihan masing – masing kita harus tahu bagaimana tool – tool tersebut digunakan dan memberi keuntungan untuk kita.

Ketergantungan tentang sebuah tool adalah kebodohan. Debat kusir tentang sebuah tool adalah tindakkan sia – sia. Dunia ini sangat luas silakan anda bertanya pada paman google, yahoo, atau Bing, pasti anda akan dapat jawaban yang berbeda – beda.

Kebebasan dan kemampuan dalam memilih, memilah, dan menggunakan berbagai teknologi, tool, dan approach dalam memecahkan masalah. ketika kita terbelenggu dan terpaksa dalam menggunakan suatu tekonlogi, maka itu menandakan bahwa kita belum bebas maka bebaskan diri anda sekalian……live is choice then make the better decision….are you ?